CLICK PERIPLUS.COM

Rabu, 15 Februari 2012

Bahan Kuliah s2 manajemen Kualitas Bpk Hazmand

Pengertian Kualitas
http://sites.google.com/site/kelolakualitas/konsep-kualitas



        Pengertian atau definisi kualitas dapat berbeda makna bagi setiap orang karena kualitas memiliki banyak kriteria dan sangat tergantung pada konteksnya. Berikut ini beberapa pengertian atau definisi kualitas yang dikembangkan oleh tiga pakar kualitas tingkat internasional:
  1. Menurut W Edward Deming: Kualitas adalah apapun yang menjadi kebutuhan dan keinginan konsumen
  2. Menurut Phillip B Crosby: Kualitas adalah nihil cacat, kesempurnaan dan keseuaian terhadap persyaratan
  3. Menurut Joseph M Juran: Kualitas adalah kesesuaian terhadap spesifikasi
        Ada perbedaan pokok yang terkandung dalam definisi yang dikemukakan oleh tiga yang pertama dari ahli kualitas di atas. Perbedaan tersebut tersaji dalam tabel berikut:



Berikut definisi Kualitas menurut beberapa ahli lain
  • Scherkenbach (1991): kualitas ditentukan oleh pelanggan, pelanggan menginginkan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan harapannya pada suatu tingkat harga tertentu yang menunjukkan nilai produk tersebut.
  • Elliot (1993): kualitas adalah sesuatu yang berbeda untuk orang yang berbeda dan tergantung pada waktu dan tempat, atau dikatakan sesuai dengan tujuan.
  • Goetch dan Davis (1995): kualitas adalah suatu kondisi dinamis yang berkaitan dengan produk, pelayanan, orang, proses yang memenuhi atau melebihi apa yang diharapkan.
  • Perbendaharaan istilah ISO 8402 dan dari Standar Nasional Indonesia (SNI 19-8402-1991): kualitas adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan, baik yang dinyatakan secara tegas maupun tersamar. Istilah kebutuhan diartikan sebagai spesifikasi yang tercantum dalam kontrak maupun kriteria-kriteria yang harus didefinisikan terlebih dahulu.
Poskan Komentar

favorite articles By Readers